ALAN ASTRO – Eksplorasi ruang angkasa bisa sangat mengerikan. Studi terbaru, menunjukkan para astronot misi Apollo, lima kali lebih mungkin meninggal akibat penyakit kardiovaskular.

Dilansir dalam Nature World News, 43 % para astronot misi Apollo meninggal, akibat serangan jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Para astronot yang pernah mengalami permasalahan tersebut, diantaranya: Jim Irwin dari Apollo 15, Donn Eisele dari Apollo 7, Ronald Evans dari Apollo 17, dan Wally Schirra dari Apollo 11.

Studi mengutip, bahwa permasalahan terkait serangan jantung dan sistem kardiovaskular para astronot, bisa jadi akibat radiasi kosmos.

“Alasan yang mungkin, bisa jadi akibat paparan radiasi kosmos” ujar Michael Delp, sebagai penulis utama studi tersebut di Florida State University.

Meskipun dianggap heroik di beberapa titik, perjalanan ke planet yang berbeda di luar orbit Bumi seperti Mars, juga dapat berisiko. Itulah sebabnya, Lembaga Antariksa Amerika (NASA) sedang mencari cara untuk melindungi kesehatan astronot dalam eksplorasi ruang angkasa, terutama sistem kardiovaskular.

Para ahli menambahkan, bahwa untuk lebih melindungi astronot dalam misi luar angkasa masa depan mereka, mereka harus melakukan perjalanan cara tercepat. Hal tersebut, untuk menghindari paparan lebih lama oleh radiasi kosmos.

Iklan