ALAN ASTRO – Jika ada cahaya yang lebih baik dan misterius dari pada pedang cahaya, itu adalah sinar cahaya misterius dari bintang katai putih yang memukul bintang katai merah.

Dilansir dalam Nature World News, para astronom telah menemukan bintang biner eksotis di sistem AR Scorpii, yang berputar sangat cepat, hingga hampir sama dengan
kecepatan cahaya. Sistem bintang AR Scorpii sendiri, berada di kostelasi Scorpius yang terletak 38o tahun cahaya dari Bumi.

Bintang katai putih ini, menghasilkan partikel energi tinggi yang melepaskan ledakan atau sinar misterius. Sinar ini begitu kuat, sehingga dapat menyerang bintang katai merah dekatnya, menyebabkan seluruh sistem pulsa mencerahkan setiap 1,97 menit.

“AR Scorpii ditemukan lebih dari 40 tahun yang lalu, tetapi sifat sejati tidak dicurigai sampai kita mulai mengamati itu pada bulan Juni 2015. Kami menyadari kami melihat sesuatu yang luar biasa, semakin kita berkembang dengan pengamatan kami,” ujar Tom Marsh, sebagai profesor di University of Warwick’s Astrophysics.

Banyak kelompok astronom yang telah bekerja sama, untuk menjelaskan perilaku yang tidak biasa dari sistem yang belum diamati sebelumnya, termasuk para astronom dari Jerman, Belgia dan Inggris.

Namun, University of Warwick menggunakan teleskop inovatif di tanah dan di ruang angkasa dalam memimpin tindak lanjut pengamatan.

Pengamatan objek ini, menggunakan kamera kecepatan tinggi (dikenal sebagai ULTRACAM) di William Herschel Telescope. Namun, pengamatan dilakukan oleh instrumen lainnya juga, diantaranya Issac Newton Telescope terletak di pulau Spanyol dari La Palma – Canary, European Southern Observatory’s Large Telescope di Chili, Australia Telescope Compact Array, Hubble Space Telescope dan NASA’s Swift Satellite.

Iklan