ALAN ASTRO – Selama satu tahun 2016 ini, Lembaga Antariksa Nasional Amerika (NASA) merilis gambar-gambar event astronomi yang dimuat dalam sebuah video, diambil oleh kamera Earth Polychromatic Imaging Camera (EPIC) pada satalit Deep Space Climate Observatory (DSCOVR).

Dilansir dalam situs Tech Crunch, Lembaga Antariksa Nasional Amerika (NASA) merilis video baru bumi dari kompilasi 3.000 gambar. Penangkapan gambar-gambar dengan kamera EPIC tersebut, berada pada lokasi Lagrange Point 1 (sekitar 1 juta mil jauhnya).

@dscovr_epic takes a new picture every 2 hours, capturing clouds and weather and the fixed features of Earth. pic.twitter.com/VTGzyG4yFd – NASA Earth (@NASAEarth) July 20, 2016

Kamera EPIC membutuhkan setidaknya satu set gambar setiap dua jam. Setiap set gambar, dicatat dalam sepuluh panjang gelombang yang berbeda.

Kamera EPIC sendiri, berada pada satelit DSCOVR. Satelit dari misi National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) ini, diluncurkan oleh SpaceX – Falcon 9 pada 11 Februari 2015 dari Cape Canaveral. DSCOVR mulai mengorbit di sekitar lokasi Lagrange Point 1, pada 8 Juni 2015.

Iklan