ALAN ASTRO – Abell S1063, sebuah kluster galaksi besar menunjukan lensa gravitasi “Spacetime” disekitarnya. Hal tersebut membuat astronom tertarik untuk mengintip lebih jauh pada kosmos.

Dilansir dalam National Geographic, hari sebelum rilis film terbaru Star Trek, program Hubble Space Telescope’s Frontier Fields (HST) telah merilis gambar baru terkait lengkungan cahaya spacetime di gugusan galaksi bersama bernama Abell S1063.

Abell S1063 merupakan sebuah kluster raksasa yang membentang 20 juta tahun cahaya, dengan berat sekitar 4 kuadriliun kali lebih banyak dari Matahari.

Kluster ini sangat menarik bagi astronom, karena memiliki gravitasi intesif yang dapat melengkungkan spacetime melewati cahaya. Hal tersebut, menjadi kunci bagi Teori Relativitas Umum (TRU) dari Albert Einstein.

Efek distorsi dari kluster tersebut, menguatkan penampilan galaksi-galaksi dibelakangnya, terlihat seperti benang busur.

“Itu benar-benar bertindak seperti teleskop,” ujar Roberto Terlevich dari Mexico’s National Institute of Astrophysics, Optics, and Electronics.

Melampaui prestasi ilmiah, Abell S1063 juga berfungsi sebagai bukti keindahan kosmos dan dedikasi Hubble Space Telescope (HST).

“Gambar-gambar yang indah. Anda tidak bisa berhenti menonton mereka secara benar-benar, bahkan untuk para astronom profesional.” pungkas Terlevich.

Iklan