ALAN ASTRO – Empat puluh tahun yang lalu, Badan Antariksa Nasional Amerika (NASA) mendaratkan pesawat ruang angkasa di permukaan planet merah (Mars).

Dilansir dalam VOA NEWS, Pesawat ruang angkasa bernama The Viking 1 ini, mendarat di permukaan Mars pada 20 Juli 1976. Hal tersebut, 7 tahun setelah peluncuran Apollo 11 yang mengirimkan astronot pertama ke Bulan.

Selain itu, wahana viking 1 merupaan wahana angkasa pertama yang berhasil mendarat ke planet merah tersebut. Viking 1 memegang rekor misi permukaan Mars selama 6 tahun 116 hari.

“Pendaratan awalnya dijadwalkan untuk Hari Kemerdekaan Amerika pada 4 Juli. Namun hali itu dibatalkan karena lokasi pendaratan akan berbatu di planet merah tersebut. Oleh karena itu, misi disesuaikan pada tanggal tertentu, sehingga pesawat ruang angkasa bisa menemukan tempat yang lebih halus untuk mendarat” ujar Bill Barry sebagai kepala sejarawan NASA

Misi Viking 1 dapat dibilang sukses besar, sebuah perjalanan 11 bulan melalui ruang angkasa untuk mendarat di planet merah tersebut.

Seminggu setelah mendarat , sampel tanah diteliti oleh wahana tersebut untuk mencari bukti kehidupan, terutama molekul karbon dan gas yang dilepaskan oleh organisme.

Kini, terdapat 2 wahana baru bernama Opportunity dan Curriosity yang berhasil diluncurkan, masih aktif di planet merah tersebut. Mereka meneliti bukti air di Mars pada masa lalu.

Iklan