ALAN ASTRO – Teleskop kepler milik Badan Antariksa Nasional Amerika (NASA) telah menemukan 104 exoplanet baru. Dua dari penemuannya, memungkinkan untuk mendukung kehidupan asing.

Dilansir dalam situs SPACE.COM, terdapat 4 exoplanet yang baru mengorbit bintang katai merah. Bintang tersebut bernama K2-72. Sebuah bintang yang lebih kecil ukurannya dari Matahari, berada pada jarak 181 tahun cahaya dari Bumi. Bintang tersebut berada pada konstelasi Aquarius.

Dua dari empat exoplanet, bernama K2-72c dan K2-72e. Mereka berada pada “Habitable Zone” (Zona Habitasi), karena air dapat eksis di permukaannya.

Exoplanet K2-72c mengorbit bintangnya selama 15 hari bumi, untuk satu kali putaran. Sedangkan, K2-72e mengorbit selama 24 hari Bumi.

Pada tahun 2014, kepler memulai misi baru yang disebut K2. Selama itu mengamati berbagai fenomena dan benda kosmos, termasuk exoplanet.

“Sebuah analogi akan mengatakan, bahwa kepler melakukan penelitian demografis, sedangkan misi K2 berfokus pada bintang terang dan dekat dengan berbagai jenis planet,” ujar Ian Crossfield, sebagai pemimpin studi di of Arizona Lunar and Planetary Laboratory.

Sejak peluncurannya pada Maret 2009 hingga saat ini, teleskop kepler telah menemukan 2.300 “alien world” alias dunia asing.

Iklan