ALAN ASTRO – SpaceX melakukan upaya kedua pada hari ini, memberikan salah satu dari dua “Docking Ring” ke Stasiun Angkasa Internasional (ISS).

Dilansir dalam situs reuters, Roket Falcon 9 dan Kargo Dragon diluncurkan pada Senin pagi ini, 18 Juli 2016 pukul 12.45 ET di Cape Canaveral Air Force Station – Florida.

All systems go & weather 90% favorable for launch of Dragon to @Space_Station. Liftoff slated for Monday, 12:45am ET http://pic.twitter.com/aPQq6qKfhO — SpaceX (@SpaceX) July 17, 2016

Sekitar 2,5 menit setelah lepas landas, bagian utama roket akan memisahkan, berbalik dan mencoba mendarat di tanah, beberapa mil dari tempat peluncuran.

Space Exploration Technologies (SpaceX) mencoba memberikan sebuah cincin untuk pertama kalinya pada tahun lalu, tapi peralatan hancur saat kecelakaan peluncuran.

“Saya tahu betapa pentingnya hal ini, untuk NASA” ujar Hans Koenigsmann, sebagai wakil presiden SpaceX.

“Mendarat roket adalah tujuan sekunder. Misi utamanya adalah menempatkan kapsul dragon ke orbit, dan mengirimnya pada dua hari perjalanan ke stasiun yang bernilai $ 100.000.000.000 ini” tambahan pungkasnya.

Kapsul memegang hampir 2.268 kg makanan, perlengkapan dan peralatan, termasuk sequencer DNA miniatur. Sedangkan cincin docking itu sendiri, dibangun dengan diameter 7,8 kaki (2,4 meter) oleh Boeing Co.

Iklan