ALAN ASTRO – Matahari telah membuat wajahnya cemas mutakhir ini. Hal tersebut, dilihat seperti terdapat penampakan “wajah cemas” di permukaan Matahari.

Dilansir dalam situs Daily Mail mutakhir ini, rekaman penampilan wajah matahari tersebut, diambil selama beberapa hari terakhir oleh Solar Dynamics Observatory (SDO) milik NASA.

“Dua Mata” dari rekaman Matahari tersebut, sebenarnya daerah aktif yang berfungsi sebagai bantalan peluncuran untuk solar flare dan letusan super plasma surya yang dikenal sebagai coronal mass ejections (CME). Sedangkan, foto seperti “mulut berkerut” adalah lubang koronal, merupakan daerah yang relatif dingin dan gelap pada bagian Matahari.

“Material membesar dari lubang koronal, sebagai bagian dari angin matahari berkecepatan tinggi, yang dapat menyebabkan badai geomagnetik di Bumi. Memang partikel yang mengalir dari lubang koronal musim gugur lalu, dipicu untuk menampilkan aurora kuat”, kata para pejabat NASA.

Gambar seperti “wajah cemas” dipermukaan Matahari itu, hanya sebagai pareidolia. Hal tersebut, seperti ujaran Karl Battams.

“Pareidolia kuat hari ini,” ujar Karl Battams, sebagai astrofisikawan dari US Naval Research Laboratory di Washington.

Misi wahana Solar Dinamic Observatory (SDO) yang diluncurkan pada bulan Februari 2010 ini, membantu peneliti untuk lebih memahami medan magnet dan aktivitas Matahari.