ALAN ASTRO – Sebuah peta 3D baru, telah menunjukkan energi gelap yang mendorong Alam Semesta berkembang pada tingkat yang sangat cepat.

Dilansir dalam situs PERFSCIENCE, ratusan ilmuwan dengan menggunakan Baryon Oscillation Spectroscopy Survey (BOSS) telah berhasil memotret peta langit 3D terbaru.

Peta 3D tersebut menggambarkan ruang 650 juta kubik tahun cahaya, dengan kisaran 1,2 juta galaksi. Hal ini menjadi bahan menarik oleh para ilmuwan.

BOSS merupakan program pada Sloan Digital Sky Survey III (SDSS-III) yang berfungsi untuk mengukur gelombang suara dari alam semesta awal.

Dari peta 3D tersebut, membuktikan validasi teori hubble oleh Edwin Hubble dan konstanta kosmologi oleh Albert Einstein. Teori tersebut, menyatakan bahwa Alam Semesta ini mengalami “ekspansi”.

Data BOSS ini, telah menunjukkan bahwa energi gelap konsisten dengan konstanta kosmologi. Sepenuhnya, peta ini konsisten dengan model kosmologi standar.

“Kami telah membuat peta terbesar, untuk mempelajari 95% dari alam semesta yang gelap” ujar David Schlegel, seorang astrofisikawan di Lawrence Berkeley National Laboratory.